DINAMIKA KELOMPOK TANI
oleh : Diah Nuraeni Yuliati, SP
Istilah dinamika kelompok berasal dari bahasa inggris ”dynamics” yang berarti mempunyai gairah atau semangat untuk bekerja. Dengan demikian pengertian dinamika kelompok ditinjau dari istilah mengandung arti kelompok yang selalu memiliki gairah dan semangat untuk bekerja.
Tujuan Dinamika kelompok
1. Meningkatkan
proses dan kualitas interaksi
antara anggota kelompok ;
2. Meningkatkan produktivitas anggota kelompok ;
3. Mengembangkan kelompok ke arah yang lebih baik dan lebih maju ;
4.Meningkatkan kesejahteraan hidup anggotanya.
Dengan jalan mengelola memberdayakan potensi sosial yang
dimiliki oleh kelompok.
Tahap Penumbuhan kelompok:
1.Tahap pembentukan
rasa kekompakan
2.Tahap
pancaroba/adaptasi
3.Tahap pembentukan
norma
4.Tahap
berprestasi / Produktif
Praktek Dinamika Kelompok
A.Perkenalan utk membangun keakraban dan kekompakan.
B.Penyegar Suasana
C.Membangkitkan Kreativitas
D.Membangun Kerjasama
E.Membangun Komunikasi
Diskusi Kelompok
Perkenalan
dan Pengakraban
Rantai Nama
Tujuan :
Permainan ini
dimaksudkan bagi kelompok yang belum saling kenal nama masing-masing, agar
lebih akrab, serta memberi pengalaman tampil di depan forum.
Langkah-langkah:
1. Peserta bersama pemandu berdiri
dalam lingkaran.
2. Pemandu menjelaskan aturan
permainan, sebagai berikut:
Salah
seorang menyebutkan namanya dengan suara keras agar terdengar oleh setiap
peserta, kemudian peserta yang berdiri di sebelahnya (kiri atau kanan)
menyebutkan nama peserta pertama tadi ditambah dengan namanya sendiri. peserta
ketiga menyebutkan nama peserta pertama dan kedua ditambah dengan namanya
sendiri, begitu seterusnya sampai selesai.
3. Proses ini diulangi lagi dengan
arah berlawanan, dimulai dari peserta yang terakhir menyebutkan rantai nama
tersebut.
•
Tolong Tangkap
Tujuan:
Agar peserta yang sedang
asyik sendiri bisa mengembalikan perhatiannya pada proses yang sedang
berlangsung, tanpa harus menegurnya.
Langkah-langkah:
1.
Lemparlah dengan spidol, atau apa
saja yang kebetulan Anda pegang, peserta yang Anda anggap sedang tidak
mencurahkan perhatiannya pada proses belajar yang tengah berlangsung. Katakan
padanya: Tolong tangkap!
2. Beri komentar: Oh, tidak
bisa! Sekarang coba dengan peserta lainnya. Tapi kali ini pastikan kesiapan dia
menangkap spidol itu, katakan: Tolong tangkap!, Anda sudah siap? Baru spidol
Anda lempar, usahakan tepat ke arah tangannya. Beri komentar: Berhasil!
3. Ajaklah peserta membahas kenapa
yang pertama gagal dan yang kedua berhasil. Lalu kembali ke topik semula.
0 komentar:
Posting Komentar