BANYUMAS SATRIA BANYUMAS SATRIABANYUMAS SATRIA BANYUMAS SATRIA
17.Ikan

Sabtu, 29 Agustus 2015

berita




DINAMIKA KELOMPOK TANI 
oleh : Diah Nuraeni Yuliati, SP

Istilah dinamika kelompok berasal dari bahasa inggris ”dynamics” yang berarti mempunyai gairah atau semangat untuk bekerja. Dengan demikian pengertian dinamika kelompok ditinjau dari istilah mengandung arti kelompok yang selalu memiliki gairah dan semangat untuk bekerja. 


Tujuan Dinamika kelompok
1. Meningkatkan proses dan kualitas interaksi antara anggota kelompok ;
2.   Meningkatkan produktivitas anggota kelompok ;
3.   Mengembangkan kelompok ke arah yang lebih baik dan  lebih maju ;
4.Meningkatkan kesejahteraan hidup anggotanya.

Dengan jalan mengelola memberdayakan potensi sosial yang dimiliki  oleh kelompok.

Tahap Penumbuhan kelompok:
1.Tahap pembentukan rasa kekompakan
2.Tahap pancaroba/adaptasi
3.Tahap pembentukan norma
4.Tahap berprestasi / Produktif

Praktek Dinamika Kelompok
A.Perkenalan utk membangun  keakraban dan kekompakan.
B.Penyegar Suasana
C.Membangkitkan Kreativitas
D.Membangun Kerjasama
E.Membangun Komunikasi
Diskusi Kelompok


Perkenalan dan Pengakraban
Rantai Nama
Tujuan :
Permainan ini dimaksudkan bagi kelompok yang belum saling kenal nama masing-masing, agar lebih akrab, serta memberi pengalaman tampil di depan forum.
Langkah-langkah:
1.   Peserta bersama pemandu berdiri dalam lingkaran.
2.   Pemandu menjelaskan aturan permainan, sebagai berikut:
Salah seorang menyebutkan namanya dengan suara keras agar terdengar oleh setiap peserta, kemudian peserta yang berdiri di sebelahnya (kiri atau kanan) menyebutkan nama peserta pertama tadi ditambah dengan namanya sendiri. peserta ketiga menyebutkan nama peserta pertama dan kedua ditambah dengan namanya sendiri, begitu seterusnya sampai selesai.
3.  Proses ini diulangi lagi dengan arah berlawanan, dimulai dari peserta yang terakhir menyebutkan rantai nama tersebut.
       
Penyegar Suasana
Tolong Tangkap
Tujuan:
Agar peserta yang sedang asyik sendiri bisa mengembalikan perhatiannya pada proses yang sedang berlangsung, tanpa harus menegurnya.
Langkah-langkah:
1. Lemparlah dengan spidol, atau apa saja yang kebetulan Anda pegang, peserta yang Anda anggap sedang tidak mencurahkan perhatiannya pada proses belajar yang tengah berlangsung. Katakan padanya: Tolong tangkap!
2Beri komentar: Oh, tidak bisa! Sekarang coba dengan peserta lainnya. Tapi kali ini pastikan kesiapan dia menangkap spidol itu, katakan: Tolong tangkap!, Anda sudah siap? Baru spidol Anda lempar, usahakan tepat ke arah tangannya. Beri komentar: Berhasil!
3. Ajaklah peserta membahas kenapa yang pertama gagal dan yang kedua berhasil. Lalu kembali ke topik semula.

0 komentar:

Posting Komentar