BANYUMAS SATRIA BANYUMAS SATRIABANYUMAS SATRIA BANYUMAS SATRIA
17.Ikan

Selasa, 17 Oktober 2017

Kegiatan TKP3 dan PLP-TKP3 Sosialisasi dan bintek Tebu Kab. Banyumas ........ Oktober 2017




 
 










Kegiatan TKP3 dan PLP Sosialisasi dan bintek Tebu Kab. Banyumas ........ Oktober 2017
bersama Kelompok Sami Rukun Desa Suro Kec. Kalibagor
 


 

                                                                                                      PENDAHULUAN


 

A.         Latar Belakang

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas dalam mengemban pembangunan sektor perkebunan mempunyai visi yaitu Terwujudnya Perkebunan untuk Kesejahteraan Masyarakat Yang Mandiri dan berkelanjutan. Salah satu komoditas binaan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Tengah yang merupakan tanaman penghasil gula adalah tanaman tebu yang telah masuk kelompok tanaman unggulan Perkebunan Nasional sejak tahun 2010.

    Komoditas gula tebu menempati posisi yang sangat strategis karena dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia dan dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia dan diperlukan dalam jumlah besar untuk industry makanan dan minuman, baik industry kecil dengan skala rumah tangga maupun perusahaan besar.

   Rendahnya tingkat produktifitas kebun(dibawah potensi optimal), mutu hasil produksi tebu dibawah standar telah menyebabkan rendemen rendah, akibatnya pendapatan petani selalu rendah, akibatnya pendapatan petani selalu rendah. Penyebab utama rendahnya produktifitas,mutu hasil, dan efisiensi usaha tani adalah karena tidak dipraktekkannya budidaya tebu yang baik dan manajemen/pengelolaan proses produksi yang tidak efisien.

     Untuk mendukung kegiatan akselerasi peningkatan produktivitas gula di Jawa Tengah pada umumnya dan Kabupaten Banyumas pada khususnya, bukan hanya mengarah pada peningkatan produktivitas lahan, akan tetapi Sumber Daya Manusia (SDM) petani/pekebun tebu dan petugas di bidang budidaya  tebu harus ditingkatkan.

      Guna mendukung pencapaian sasaran swasembada gula berkelanjutan Tahun 2017, maka melalui dana APBD Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab.Banyumas, maka Kabupaten Banyumas mengalokasikan dana untuk Bintek Budidaya dan Penanganan Pasca Panen Tebu Tahun 2017.


B.   Maksud dan Tujuan

1.     Maksud

Maksud kegiatan ini adalah untuk meningkatkan produksi, produktivitas, dan mutu tanaman tebu serta menguatkan kelembagaan petani dan kemitraan sehingga pendapatan dan kesejahteraan petani tebu di Kabupaten Banyumas dapat meningkat.

2.     Tujuan

a)     Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan secara teknis kepada petani perkebunan komoditas tebu di Kabupaten Banyumas.

b)    Meningkatkan produktivitas tanaman perkebunan komoditas tebu di Kabupaten Banyumas.

c)     Membuka peluang bagi masyarakat petani/pekebun dalam usaha budidaya tanaman tebu.

 

C.   Sasaran

1.     Terlaksananya Bintek Tahun 2017 di Kabupaten Banyumas.

2.     Meningkatnya pengetahuan, keterampilan, kemampuan dan keterampilan petani/masyarakat perkebunan di Kabupaten Banyumas dalam pengembangan dan pemanfaatan sarana/prasarana perkebunan.


 


1 komentar: