BANYUMAS SATRIA BANYUMAS SATRIABANYUMAS SATRIA BANYUMAS SATRIA
17.Ikan

Rabu, 18 Oktober 2017

Kegiatan TKP3 dan PLP Bintek Lada (Perdu) Kab. Banyumas ........ Oktober 2017



 
 
 
 
 
Kegiatan TKP3 dan PLP Bintek Lada (Perdu) Kab. Banyumas ........ Oktober 2017
bersama Poktan Panca Dharma Desa Karangsoka Kec. Kembaran
 
 

 

                                                                                                      PENDAHULUAN

A.         Latar Belakang

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas dalam mengemban pembangunan sektor perkebunan mempunyai visi yaitu Terwujudnya Perkebunan untuk Kesejahteraan Masyarakat Yang Mandiri dan berkelanjutan. Salah satu komoditas binaan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Tengah yang merupakan tanaman rempah ( The King of Spicy) adalah tanaman lada yang telah masuk kelompok tanaman unggulan Perkebunan Nasional.

    Komoditas lada menempati posisi yang sangat strategis karena dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia dan dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia dan diperlukan dalam jumlah besar untuk industry makanan dan minuman, baik industry kecil dengan skala rumah tangga maupun perusahaan besar.
   Rendahnya tingkat produktifitas lada dikarenakan umumnya lada sudah berumur tua dan varietas lama (lada rambat) sehingga pendapatan petani selalu rendah.

     Untuk mendukung kegiatan akselerasi peningkatan produksi lada di Jawa Tengah pada umumnya dan Kabupaten Banyumas pada khususnya, bukan hanya mengarah pada peningkatan produktivitas lahan, akan tetapi Sumber Daya Manusia (SDM) petani/pekebun lada dan petugas di bidang budidaya  lada harus ditingkatkan.

     

0 komentar:

Posting Komentar