BANYUMAS SATRIA BANYUMAS SATRIABANYUMAS SATRIA BANYUMAS SATRIA
17.Ikan

Senin, 03 Oktober 2016

Bintek Budidaya Tanaman Nilam dan Study Banding bersama Tenaga Pendamping Perkebunan (TKP dan PLP) Kabupaten Banyumas










Bintek Budidaya Tanaman Nilam dan Study Banding  
bersama Tenaga Pendamping Perkebunan (TKP dan PLP) Kabupaten Banyumas

 September.... 2016

Komoditas perkebunan mempunyai nilai strategis dalam perekonomian nasional karena mempunyai peran yang besar dalam meningkatkan ekspor non migas untuk menambah devisa Negara, mendukung pemenuhan ketersediaan bahan baku industri dalam negeri, mendukung kecukupan ketersediaan bahan pangan berbasis perkebunan, meningkatkan gerak roda perekonomian dan penyedia lapangan kerja di pedesaan guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mesyarakat khususnya petani.

                Komoditas perkebunan di Jawa Tengah, sebagian besar (90,84%) di usahakan oleh petani (Perkebunan rakyat) yang pengelolaannya sangat sederhana dan kurang memperhatikan kualitas kebun karena para petani belum sepenuhnya menggunakan benih bermutu dan kurang intensif dalam pemeliharaannya.

                Produksi dan produktivitas perkebunan rakyat di sarankan masih rendah, dan kualitasnya juga belum bias memenuhi pangsa pasar sehingga lemah dalam menghadapi persaingan global. Selain itu harga jual rendah, sehingga pendapatan yang diperoleh petani belum sesuai yang diharapkan, akibatnya dukungan terhadap penambah devisa Negara juga masih rendah.
                
               
                Guna mendukung tercapainya tujuan pembangunan perkebunan yang semakin berdaya guna dan berhasil guna, dengan program pembangunan perkebunan di Jawa Tengah melalui sumber dana APBD Provinsi Jawa Tengah pada DPA SKPD Dinas Perkebunan di dalam Tahun Anggaran 2016 diantaranya adalah ProgramPengembangan Agribisnis yang di emplementasikan melalui Kegiatan Pendidikan Kemasyarakatan.

                Sasaran dari Kegiatan Pelatihan Petani tanaman rempah penyegar tanaman nilam Tahun Anggaran 2016 ini, antara lain adalah :
1.       Meningkatkan pengetahuan dan Keterampilan petani 
2.       Terealisasinya Pelatihan Pengembangan Tanaman Perkebunan di Kabupaten Banyumas

0 komentar:

Posting Komentar